SILABUS MATA PELAJARAN FISIKA
(DASAR BIDANG KEAHLIAN
TEKNOLOGI DAN REKAYASA)
Satuan
Pendidikan : SMK
Kelas
/Semester : X
Kompetensi Inti :
KI
1 : Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI
2 : Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
(gotong-royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI
3 : Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah..
KI
4 : Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik
di bawah pengawasan langsung.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
1.1. Menambah keimanan dengan menyadari hubungan
keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan yang
menciptakannya
1.2. Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan
mengatur karakteristik fenomena gerak, fluida, dan kalor
|
· Besaran pokok dan besaran turunan
· Satuan dan konversinya
· Jenis-jenis
alat ukur
· Pengukuran dan ketidakpastian
pengamatan
· Dimensi besaran
· Angka penting
· Besaran skalar dan vektor
· Penguraian, penjumlahan, dan pengurangan vektor
|
Mengamati
· Membaca bahan bacaan terkait besaran, satuan, dan
jenis-jenis alat ukur dan penggunaannya, kemudian menuliskan hasil pengamatan
ke dalam bentuk tabel yang memuat nama
besaran, alat ukur yang digunakan, dan satuan pengukuran.
· Mengamati alat ukur panjang, massa, dan waktu dan
memperoleh informasi mengenai cara menggunakan alat-alat ukur dari besaran
tersebut.
· Menyimak informasi besaran skalar dan besaran vektor
Menanya
· Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan cara
menggunakan alat ukur, cara membaca skala, dan cara menuliskan hasil pengukuran
· Membuat
pertanyaan mengenai ketelitian pengukuran, ketepatan,
dan keselamatan kerja dalam mengukur
· Mengajukan
pertanyaan tentang cara penguraian, penjumlahan, dan
pengurangan vektor
Mengeksplorasi
· Menentukan massa jenis dua macam benda. Pengukuran
dilakukan berulang untuk jenis benda yang sama, tapi berbeda ukuran
· Menentukan besaran-besaran vektor
Mengasosiasi
· Mengolah data hasil pengukuran berulang, menyajikan data,
menginterpretasi data, dan menghitung tingkat ketelitian.
· Menyimpulkan hasil interpretasi data
· Membuat daftar besaran, satuan, dan dimensi serta
menentukan apakah termasuk besaran skalar atau besaran vektor.
Mengkomunikasikan
· Menyampaikan laporan lisan dan tertulis
|
Tugas
·
Melakukan
pengukuran, menuliskan hasil pengukuran
·
Mengerjakan latihan soal-soal mengenai besaran, satuan, jenis-jenis alat ukur dan penggunaannya
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang
ada
Tes
·
Tes
tertulis berbentuk uraian dan/atau pilihan ganda penggunaan angka penting
dalam penulisan basil pengukuran, penguraian vektor, penjumlahan vektor,
mengenai penggunaan alat ukur, penguraian vektor, dan penjumlahan vektor.
·
Tes kinerja (performance
test)
|
3 X 2 jam pelajaran
|
·
Buku Teks Fisika kelas X
·
Buku teks yang lain
·
Sumber atau referensi lain (internet jika ada)
|
2.1. Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
sikap dalam melakukan percobaan dan diskusi
2.2. Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
|
|||||
3.1.
Memahami
konsep besaran pokok, besaran turunan, dan satuan.
3.2.
Menerapkan
prinsip penjumlahan vektor
|
|||||
4.1. Menyaji hasil pengukuran
besaran fisis menggunakan alat ukur dan teknik yang tepat
|
|||||
1.1. Menambah keimanan dengan menyadari hubungan
keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan yang
menciptakannya
1.2. Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan
mengatur karakteristik fenomena gerak, fluida, dan kalor
|
· Gerak lurus, perpindahan dan jarak
· Kecepatan, kecepatan rata-rata dan kecepatan sesaat
· Kecepatan dan kelajuan
· Percepatan
· Gerak lurus beraturan
· Gerak lurus dengan percepatan tetap
· Gerak jatuh bebas
· Gerak parabola
|
Mengamati
· Mengamati demonstrasi gerak untuk membedakan gerak lurus
dengan kecepatan tetap dan gerak lurus dengan percepatan tetap
Menanya
· Mengajukan
pertanyaan terkait perbedaan gerak lurus dengan
kecepatan tetap dan gerak lurus dengan percepatan tetap
Mengeksplorasi
· Melakukan percobaan gerak lurus dengan percepatan tetap
menggunakan kereta dinamika, ticker
timer, troli, dan beban gantung
Mengasosiasi
· Menganalisis besaran-besaran fisika pada gerak dengan
kecepatan tetap
· Menganalisis besaran-besaran fisika pada gerak dengan
percepatan tetap
· Menganalisis besaran-besaran fisika dalam gerak jatuh
bebas
· Menganalisis besaran-besaran fisika dalam gerak parabola
· Mengolah data percobaan gerak lurus dengan percepatan
tetap (data dapat menggunakan hasil percobaan, atau yang sudah
tersedia/diberikan oleh guru)
Mengkomunikasikan
· Mempresentasikan hasil pengolahan data percobaan gerak
lurus dengan percepatan tetap
|
Tugas
·
Memecahkan
permasalahan gerak lurus dengan menghitung besaran-besaran/variabel yang
terdapat dalam gerak lurus
·
Mengerjakan latihan soal-soal mengenai gerak lurus
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang
ada
Tes
·
Tes
tertulis berbentuk uraian dan/atau pilihan ganda.menghitung besaran-besaran
dalam gerak lurus beraturan, gerak lurus dengan percepatan tetap, dan gerak
parabola.
·
Tes kinerja (performance
test)
|
4
X 2 jam pelajaran
|
·
Buku Teks Fisika kelas X
·
Buku teks yang lain
·
Sumber atau referensi lain (internet jika ada)
|
2.1. Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
sikap dalam melakukan percobaan dan diskusi
2.2. Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
|
|||||
3.3. Memahami konsep
gerak benda titik melalui besaran-besaran fisika yang terkait
|
|||||
3.4. Menerapkan konsep gerak lurus dengan kecepatan tetap dan gerak lurus
dengan percepatan tetap
|
|||||
4.2. Menyajikan hasil pengamatan terhadap gerak benda ke dalam
grafik
|
|||||
1.1. Menambah keimanan dengan menyadari hubungan
keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan yang
menciptakannya
1.2. Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan
mengatur karakteristik fenomena gerak, fluida, dan kalor
|
· Definisi dan ciri-ciri
gerak melingkar
· Kecepatan linier dan kecepatan sudut
· Percepatan sentripetal
· Gerak melingkar beraturan
· Gerak melingkar berubah beraturan
· Perioda dan frekuensi gerak lingkar
· Grafik yang menggambarkan jarak sebagai fungsi waktu
· Grafik yang mengungkapkan perubahan kecepatan sebagai
fungsi waktu
· Grafik yang menunjukan percepatan sebagai fungsi waktu
|
Mengamati
· Menyimak informasi pada demonstrasi gerak melingkar benda
untuk menemukan besaran frekuensi, periode, sudut tempuh, kecepatan linier,
kecepatan sudut, dan percepatan sentripetal
Menanya
· Membuat
pertanyaan mengenai gerak melingkar benda terkait besaran frekuensi, frekuensi sudut, periode, dan sudut
tempuh pada gerak melingkar dengan laju tetap.
Mengeksplorasi
· Mengumpulkan data besaran-besaran fisis yang terdapat
dalam gerak menggunakan roda-roda terhubung
Mengasosiasi
· Menganalisis besaran-besaran fisis gerak melingkar
beraturan untuk menentukan hubungan antar besaran
Mengkomunikasikan
· Menyajikan informasi aplikasi gerak melingkar dalam produk-produk
teknologi dan rekayasa
|
Tugas
·
Memecahkan
permasalahan gerak melingkar dan rotasi dengan menghitung besaran-besaran atau variabel
yang terdapat dalam gerak melingkar dan gerak rotasi
·
Mengerjakan latihan soal-soal mengenai gerak
melingkar
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang
ada
Tes
·
Tes
tertulis berbentuk uraian dan/atau pilihan ganda menghitung besaran-besaran
dalam gerak melingkar dan gerak rotasi.
·
Tes kinerja (performance
test)
|
3
X 2 jam pelajaran
|
·
Buku Teks Fisika kelas X
·
Buku teks yang lain
·
Sumber atau referensi lain (internet jika ada)
|
2.1. Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
sikap dalam melakukan percobaan dan diskusi
2.2. Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
|
|||||
3.5.
Memahami
gerak melingkar dengan laju tetap dan gerak melingkar dengan percepatan sudut
tetap
|
|||||
4.2. Menyaji hasil pengamatan
terhadap gerak benda ke dalam grafik
|
|||||
1.1. Menambah keimanan dengan menyadari hubungan
keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan yang
menciptakannya
1.2. Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan
mengatur karakteristik fenomena gerak, fluida, dan kalor
|
· Gaya dan interaksi
· Hukum I Newton
· Hukum II Newton
· Massa dan berat
· Hukum III Newton
· Diagram benda bebas
· Gaya gesekan
· Gerak pada bidang miring
|
Mengamati
· Mengamati peragaan untuk menunjukkan sifat lembam
· Mengamati peragaan gerak benda karena ditarik atau
didorong
· Mengamati peragaan gerak benda ditarik tali melalui katrol
Menanya
· Mengajukan pertanyaan untuk memperoleh informasi penyebab
benda bergerak
· Mengajukan
pertanyaan untuk memperoleh informasi pengaruh
masa benda, arah dan besar gaya terhadap percepatan gerak
Mengeksplorasi
· Menentukan jenis, besar, dan arah gaya yang bekerja
terhadap benda bergerak pada bidang datar
· Menentukan besar, dan arah gaya yang bekerja terhadap
benda bergerak pada bidang miring
· Menentukan besar, dan arah gaya yang bekerja terhadap
benda bergerak pada sistem katrol
Mengasosiasi
· Menghitung percepatan benda dalam sistem yang terletak
pada bidang datar, bidang miring, dan sistem katrol
Mengkomunikasikan
· Menyajikan diagram gaya-gaya yang bekerja pada benda dalam sistem
yang terletak pada bidang datar, bidang miring, dan sistem katrol
|
Tugas
·
Memecahkan
permasalahan gerak karena dipengaruhi gaya menggunakan hukum-hukum Newton
dengan menghitung besaran-besaran atau variabel yang terdapat dalam gerak benda yang dipengaruhi
gaya
·
Mengerjakan latihan soal-soal mengenai hukum Newton
dan konsep gaya
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang
ada
Tes
·
Tes tertulis
berbentuk uraian dan/atau pilihan ganda menghitung besaran-besaran dalam
gerak yang dipengaruhi gaya menggunakan hukum-hukum Newton.
·
Tes kinerja (performance
test)
|
5
X 2 jam pelajaran
|
·
Buku Teks Fisika kelas X
·
Buku teks yang lain
·
Sumber atau referensi lain (internet jika ada)
|
2.1. Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
sikap dalam melakukan percobaan dan diskusi
2.2. Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
|
|||||
3.6.
Menerapkan
hukum Newton dan konsep gaya
|
|||||
4.3. Menganalisis gerak lurus
berubah beraturan menggunakan hukum Newton
|
|||||
1.1. Menambah keimanan dengan menyadari hubungan
keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan yang
menciptakannya
1.2. Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur
karakteristik fenomena gerak, fluida, dan kalor
|
· Usaha sebagai perubahan energi
· Energi kinetik dan teorema energi
· Usaha dan energi karena perubahan gaya
· Hukum kekekalan energi mekanik
· Daya
|
Mengamati
· Mengamati peragaan usaha positif, usaha negatif, dan usaha
nol
· Menyimak informasi mengenai daya sebagai laju perubahan
energi atau usaha per satuan waktu
Menanya
· Mengajukan
pertanyaan mengenai hubungan usaha dengan perubahan
energi kinetik dan energi potensial
· Mengajukan
pertanyaan terkait bentuk rumusan hukum kekekalan
energi mekanik
Mengeksplorasi
· Mengumpulkan data-data aplikasi kekekalan energi pada
teknologi dan rekayasa
Mengasosiasi
· Menentukan hubungan usaha dengan perubahan energi kinetik
· Mengelompokkan bentuk kekekalan energi mekanik pada berbagai
gerak benda
Mengkomunikasikan
· Menyampaikan laporan lisan dan tertulis hasil diskusi kelompok
|
Tugas
·
Memecahkan
permasalahan usaha yang dilakukan benda bergerak.
·
Mengerjakan latihan soal-soal mengenai usaha,
energi, dan daya
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang
ada
Tes
Tes tertulis berbentuk uraian dan/atau pilihan ganda
menghitung besaran-besaran usaha dan energi dengan menerapkan teorema
usaha-energi dan hukum kekekalan energi mekanik.
|
3
X 2 jam pelajaran
|
·
Buku Teks Fisika kelas X
·
Buku teks yang lain
·
Sumber atau referensi lain (internet jika ada)
|
2.1. Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
sikap dalam melakukan percobaan dan diskusi
2.2. Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
|
|||||
3.7.
Menerapkan
konsep usaha, energi dan daya
3.8.
Memahami
hukum kekekalan energi
|
|||||
4.4.
Menyaji hasil percobaan menggunakan konsep
usaha, energi dan daya
|
|||||
1.1. Menambah keimanan dengan menyadari hubungan
keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan yang
menciptakannya
1.2. Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan
mengatur karakteristik fenomena gerak, fluida, dan kalor
|
· Momentum dan impuls
· Tumbukan dan kekekalan
momentum
· Tumbukan elastik
|
Mengamati
· Membaca informasi momentum, impuls, hubungan antara impuls
dan momentum serta tumbukan dari berbagai sumber belajar
· Menyimak informasi yang disampaikan oleh guru, tentang
tumbukan benda dihubungkan dengan konsep-konsep momentum, impuls dan hukum
kekekalan momentum.
Menanya
· Mengajukan
pertanyaan tentang konsep momentum dan impuls, dan hubungan
antara impuls dan momentum.
· Mengajukan
pertanyaan mengenai hukum kekekalan momentum
Mengeksplorasi
· Menentukan data yang diperlukan untuk membuat benda
aplikasi prinsip momentum dan impuls
· Merancang dan membuat benda yang mengaplikasikan prinsip
momentum dan impuls, dan hukum kekekalan momentum
Mengasosiasi
· Menganalisis kasus/peristiwa tumbukan untuk memecahkan
masalah dan menarik kesimpulan, menggunakan hukum kekekalan momentum
Mengkomunikasikan
· Membuat laporan lisan dan tertulis
|
Tugas
·
Mengkaji
informasi melalui buku rujukan dan sumber bacaan lain
·
Merancang
pembuatan benda untuk mengaplikasikan konsep impuls dan momentum
·
Memecahkan
permasalahan tumbukan benda dengan mengaplikasikan konsep impuls dan
kekekalan momentum.
·
Mengerjakan latihan soal-soal mengenai momentum dan
impuls
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang
ada
Tes
·
Tes
tertulis berbentuk uraian dan/atau pilihan ganda menghitung besaran-besaran
impuls dan momentum dengan menerapkan kekekalan momentum.
·
Tes kinerja (performance
test)
|
2 X 2 jam pelajaran
|
·
Buku Teks Fisika kelas X
·
Buku teks yang lain
·
Sumber atau referensi lain (internet jika ada)
|
2.1. Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
sikap dalam melakukan percobaan dan diskusi
2.2. Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
|
|||||
3.9.
Memahami
konsep impuls dan hukum kekekalan momentum
|
|||||
4.5.
Menganalisis hubungan impuls dan momentum
dalam perhitungan
4.6.
Menyaji
hasil analisis gerak benda berdasarkan konsep translasi dan rotasi
|
|||||
1.1. Menambah keimanan dengan menyadari hubungan
keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan yang
menciptakannya
1.2. Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan
mengatur karakteristik fenomena gerak, fluida, dan kalor
|
· Hubungan gerak translasi dengan gerak rotasi
· Kecepatan dan percepatan sudut
· Rotasi dengan percepatan sudut tetap
· Energi gerak rotasi
· Momen inersia
· Kekekalan momentum sudut
· Gerak menggelinding
|
Mengamati
· Mengamati peragaan memberikan gaya pada benda dalam
berbagai posisi untuk memperoleh definisi momen gaya
· Mengamati peragaan benda berputar, menggelinding, dan
mengelincir untuk memperoleh hubungan gerak translasi dengan gerak rotasi
· Membaca informasi mengenai kecepatan dan percepatan sudut,
rotasi dengan percepatan sudut, dan energi gerak rotasi
Menanya
· Mengajukan
pertanyaan mengenai hubungan gerak translasi dengan
gerak rotasi
· Mengajukan pertanyaan mengenai penerapan energi gerak
rotasi
Mengeksplorasi
· Menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi besar energi
gerak rotasi
Mengasosiasi
· Menganalisis variabel peristiwa gerak rotasi
· Menentukan hubungan antar variabel gerak rotasi
Mengkomunikasikan
· Menyampaikan laporan mengenai pemecahan
masalah gerak rotasi
|
Tugas
·
Melakukan
analisis peragaan gerak translasi dan rotasi, untuk menemukan hubungan gerak
translasi dengan gerak rotasi
·
Mengerjakan latihan soal-soal mengenai gerak
translasi dan rotasi
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang
ada
Tes
Tes tertulis berbentuk uraian dan/atau pilihan ganda
pilihan ganda gerak translasi dan rotasi.
|
3 X 2 jam pelajaran
|
·
Buku Teks Fisika kelas X
·
Buku teks yang lain
·
Sumber atau referensi lain (internet jika ada)
|
2.1. Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
sikap dalam melakukan percobaan dan diskusi
2.2. Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
|
|||||
3.10. Menganalisis gerak translasi dan rotasi
|
|||||
4.7. Menyajikan
hasil analisis gerak benda
berdasarkan konsep
translasi dan rotasi
|
|||||
1.1. Menambah keimanan dengan menyadari hubungan
keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan yang
menciptakannya
1.2. Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan
mengatur karakteristik fenomena gerak, fluida, dan kalor
|
· Titik pusat massa benda
· Torsi dan percepatan sudut untuk benda tegar
· Keseimbangan benda tegar
|
Mengamati
· Mengamati peragaan aplikasi keseimbangan benda titik dan
benda tegar dalam teknologi dan rekayasa
Menanya
· Mengajukan
pertanyaan mengenai
konsep torsi dan penerapannya
· Mengajukan pertanyaan untuk merumuskan dan menerapkan
kekekalan momentum
Mengeksplorasi
· Menentukan variabel yang diperlukan untuk memecahkan
persoalan kesetimbangan benda tegar
· Mengumpulkan data untuk memecahkan persoalan kesetimbangan
benda tegar
Mengasosiasi
· Menganalisis data untuk terpenuhinya syarat kesetimbangan
· Menyimpulkan hasil analisis kesetimbangan benda tegar
Mengkomunikasikan
· Menyampaikan laporan mengenai
pemecahan masalah kesetimbangan benda tegar
|
Tugas
·
Melakukan
analisis untuk menentukan titik pusat massa benda dengan bentuk geometri
beraturan dan benda dengan bentuk geometri tidak beraturan
·
Memecahkan
masalah berkaitan dengan kesetimbangan benda tegar dalam produk teknologi dan
rekayasa
·
Mengerjakan latihan soal-soal mengenai kesetimbangan
benda tegar
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang
ada
Tes
Tes berbentuk uraian dan/atau pilihan ganda kesetimbangan
benda tegar
|
2
X 2 jam pelajaran
|
·
Buku Teks Fisika kelas X
·
Buku teks yang lain
·
Sumber atau referensi lain (internet jika ada)
|
2.1. Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
sikap dalam melakukan percobaan dan diskusi
2.2. Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
|
|||||
3.11. Menerapkan konsep kesetimbangan benda tegar
|
|||||
4.8.
Memecahkan masalah kesetimbangan benda tegar
|
|||||
1.1. Menambah keimanan dengan menyadari hubungan
keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan yang
menciptakannya
1.2. Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan
mengatur karakteristik fenomena gerak, fluida, dan kalor
|
· Deformasi bahan oleh tegangan, dan regangan,
· Modulus elastisitas
· Sifat elastis dan plastis
· Hukum Hooke
|
Mengamati
· Mengamati peragaan benda elastis dan benda plastis
· Demonstrasi pengaruh gaya terhadap perubahan panjang benda
elastis
· Membaca informasi mengenai deformasi bahan oleh tegangan
dan regangan
Menanya
· Membuat
pertanyaan mengenai
elastisitas benda
· Mengajukan
pertanyaan untuk memperoleh informasi mengenai
modulus elastisitas
Mengeksplorasi
· Mengumpulkan data variabel-variabel yang terlibat dalam
peragaan hukum Hooke
· Menentukan karakteristik susunan pegas seri dan paralel
· Menentukan data yang diperlukan untuk melakukan percobaan
menentukan elastisitas bahan
· Merencanakan percobaan penentuan elastisitas bahan
Mengasosiasi
· Menentukan hubungan gaya dan konstanta pegas
· Menyimpulkan pengaruh gaya terhadap deformasi bahan
Mengkomunikasikan
· Menyampaikan laporan mengenai
pengujian elastisitas bahan secara lisan dan tertulis
|
Tugas
·
Mengkaji
literatur atau artikel rujukan mengenai deformasi bahan oleh tegangan dan
regangan, sifat elastis dan plastis
·
Merencanakan
kegiatan percobaan untuk menyelidiki elastisitas dan aplikasi hukum Hooke
·
Mengerjakan latihan soal-soal mengenai elastisitas
dan hukum Hooke
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang
ada
Tes
·
Tes
berbentuk uraian dan/atau pilihan ganda elastisitas bahan dan penggunaan
hukum Hooke
·
Tes kinerja (performance
test)
|
3 X 2 jam pelajaran
|
·
Buku Teks Fisika kelas X
·
Buku teks yang lain
·
Sumber atau referensi lain (internet jika ada)
|
2.1. Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
sikap dalam melakukan percobaan dan diskusi
2.2. Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
|
|||||
3.12. Menerapkan konsep elastisitas bahan
3.13. Menerapkan hukum Hooke
|
|||||
4.9. Merencanakan
dan melaksanakan percobaan untuk menentukan
elastisitas bahan
|
|||||
1.1. Menambah keimanan dengan menyadari hubungan
keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan yang
menciptakannya
1.2. Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan
mengatur karakteristik fenomena gerak, fluida, dan kalor
|
· Tekanan hidrostatik
· Gaya Archimedes
· Hukum Pascal
· Tegangan Permukaan
· Hukum Bernoulli
· Viskositas dan hukum Stokes
· Mengapung, melayang dan tenggelam
· Bejana Berhubungan
· Pompa hidrolik dan dongkrak
· Gaya angkat pada pesawat terbang
|
Mengamati
· Mengamati peragaan benda mengapung, melayang dan tenggelam
· Membaca artikel untuk memperoleh informasi penggunaan
sistem hidrolik, sistem kerja produk-produk teknologi dan rekayasa
Menanya
· Mengajukan
pertanyaan terkait hukum-hukum fluida statik dan
penerapannya
· Mengajukan
pertanyaan terkait hukum-hukum fluida dinamik dan
penerapannya
Mengeksplorasi
· Menentukan data yang diperlukan untuk membuat peraga
alat/sistem hidrolik sederhana
· Merancang benda kerja aplikasi prinsip-prinsip fluida
statik dan fluida dinamik
Mengasosiasi
· Menganalisis benda kerja yang menggunakan konsep tekanan
hidrostatik, hukum Archimedes, dan hukum Pascal untuk memcahkan persoalan
dalam teknologi dan rekayasa
Mengkomunikasikan
· Menyampaikan laporan mengenai penerapan
hukum-hukum fluida secara lisan dan tertulis
|
Tugas
·
Mengkaji
literatur atau artikel rujukan mengenai fluida statik dan fluida dinamik
·
Membuat
laporan hasil kajian mengenai aplikasi prinsip-prinsip fluida statik dan fluida
dinamik pada produk teknologi dan informasi
·
Memecahkan
persoalan mengenai aplikasi fluida statik dan fluida dinamik dalam teknologi
dan rekayasa
·
Mengerjakan latihan soal-soal mengenai fluida statik
dan dinamik
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang
ada
Tes
·
Tes
berbentuk uraian dan/atau pilihan ganda aplikasi fluida statik dan fluida
dinamik
·
Tes kinerja (performance
test)
|
3 X 2 jam pelajaran
|
·
Buku Teks Fisika kelas X
·
Buku teks yang lain
·
Sumber atau referensi lain (internet jika ada)
|
2.1. Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
sikap dalam melakukan percobaan dan diskusi
2.2. Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
|
|||||
3.14. Menerapkan hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida
statik dan dinamik
|
|||||
4.10. Memecahkan
persoalan dalam teknologi dan rekayasa yang berkaitan dengan hukum-hukum fluida statik dan dinamik.
|
|||||
1.1. Menambah keimanan dengan menyadari hubungan
keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan yang
menciptakannya
1.2. Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan
mengatur karakteristik fenomena gerak, fluida, dan kalor
|
Suhu, kalor
dan perpindahan kalor
· skala suhu pada termometer
· konversi skala suhu
· jenis-jenis termometer
· perubahan suhu pada zat
· pemuaian (muai panjang, muai luas, dan muai ruang)
· perubahan wujud zat (melebur, menguap, membeku, mengembun,
dan menyublim)
· pengukuran pemuaian dan penentuan koefisien muai
· Konduksi, konveksi
dan radiasi
· Konduktor dan isolator termal
· Kondensor dan radiator
|
Mengamati
· Mengamati peragaan peleburan es menjadi air karena
dipanaskan
· Mengamati simulasi pemuaian rel kereta api
· Memperhatikan konduktivitas berbagai macam logam, dan
benda-benda non logam
· Membaca artikel/buku/ pustaka rujukan lainnya untuk
memperoleh informasi mengenai pengaruh kalor terhadap suhu benda, pengaruh
perubahan suhu benda terhadap ukuran benda, perpindahan kalor secara
konduksi, konveksi, dan radiasi
Menanya
· Mengajukan
pertanyaan mengenai pengaruh kalor terhadap perubahan
suhu, wujud dan ukuran benda
· Mengajukan
pertanyaan untuk memperoleh informasi tentang
perpindahan kalor
Mengeksplorasi
· Menentukan kalor jenis logam melalui perhitungan
· Mengumpulkan data variabel-variabel suhu, ukuran, dan
perpindahan kalor
Mengasosiasi
· Menganalisis data percobaan perpindahan kalor ke dalam
bentuk penyajian tabel, grafik.
· Menyimpulkan hasil percobaan dengan menginterpretasi data
dan grafik
Mengkomunikasikan
· Menyampaikan laporan penyelidikan tentang cara perpindahan kalor secara lisan
dan tertulis
|
Tugas
·
Mengkaji
literatur atau artikel rujukan mengenai suhu, kalor dan perpindahan kalor
·
Membuat laporan
hasil pengukuran/percobaan
mengenai perpindahan kalor.
·
Memecahkan
persoalan mengenai aplikasi perpindahan kalor dan konduktivitas termal
·
Mengerjakan latihan soal-soal mengenai suhu dan
kalor
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang
ada
Tes
·
Tes
berbentuk uraian dan/atau pilihan ganda aplikasi perubahan suhu dan
perpindahan kalor
·
Tes kinerja (performance
test)
|
3 X 2 jam pelajaran
|
·
Buku Teks Fisika kelas X
·
Buku teks yang lain
·
Sumber atau referensi lain (internet jika ada)
|
2.1. Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
sikap dalam melakukan percobaan dan diskusi
2.2. Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
|
|||||
3.15. Menerapkan konsep suhu dan kalor
3.16. Memahami pengaruh kalor terhadap zat
|
|||||
4.11. Mengolah
hasil penyelidikan yang
berkaitan dengan suhu dan kalor
4.12. Menyaji
hasil penyelidikan mengenai
cara perpindahan kalor
|
|||||
1.1. Menambah keimanan dengan menyadari hubungan
keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan yang
menciptakannya
1.2. Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan
mengatur karakteristik fenomena gerak, fluida, dan kalor
|
· Gas ideal dan karakteristiknya
· Tekanan dan energi kinetik gas ideal
· Persamaan keadaan gas
· Sistem termodinamika (suhu,
tekanan, dan volume gas)
· Hukum-hukum Termodinamika (ke-0, I, II, dan III)
· Mesin kalor
· Mesin pendingin
· Siklus dan mesin kalor (Carnot, Rankine, Otto, dan Diesel)
|
Mengamati
· Membaca buku rujukan atau sumber lainnya untuk memperoleh
informasi mengenai karakteristik gas ideal.
· Membaca artikel/sumber rujukan untuk memperoleh informasi
mengenai mesin-mesin kalor
Menanya
· Mengajukan pertanyaan untuk menemukan hubungan impuls
dengan gaya dan tekanan
· Mengajukan pertanyaan untuk memperoleh deskripsi gerakan
partikel gas menumbuk dinding
· Mengajukan pertanyaan untuk memperoleh pemahaman mengenai
persamaan gas ideal
Mengeksplorasi
· Mengumpulkan informasi berbagai produk teknologi dan
rekayasa aplikasi hukum-hukum termodinamika dan mesin kalor
Mengasosiasi
· Menganalisis cara kerja produk-produk teknologi dan
rekayasa aplikasi mesin kalor dan termodinamika
· Menentukan hubungan antara kalor yang diserap dengan kalor
yang dibuang pada sistem mesin kalor
· Menentukan efisiensi mesin kalor
Mengkomunikasikan
· Presentasi cara kerja mesin kalor
|
Tugas
·
Mengkaji
literatur atau artikel rujukan mengenai gas ideal, teori kinetik gas, dan
persamaan keadaan gas
·
Memecahkan
persoalan mengenai aplikasi hukum termodinamika dalam produk teknologi dan
rekayasa
·
Memecahkan
persoalan mengenai aplikasi mesin kalor dalam produk teknologi dan rekayasa
·
Mengerjakan latihan soal-soal mengenai sifat-sifat
gas ideal dan termodinamika
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang
ada
Tes
Tes tertulis berbentuk uraian dan/atau pilihan ganda
aplikasi hukum termodinamika dan mesin kalor
|
4 X 2 jam pelajaran
|
·
Buku Teks Fisika kelas X
·
Buku teks yang lain
·
Sumber atau referensi lain (internet jika ada)
|
2.1. Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
sikap dalam melakukan percobaan dan diskusi
2.2. Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
|
|||||
3.17. Memahami sifat-sifat gas
ideal dan persamaan keadaan gas
3.18. Menerapkan hukum-hukum termodinamika
|
|||||
4.13.
Melakukan perhitungan berbagai proses berdasarkan
hukum termodinamika
|
Catatan:
1. Lingkup
materi mata pelajaran Fisika dibatasi konsep-konsep dasar.
2. Perlu
dilakukan pengembangan dan pendalaman materi tertentu yang dibutuhkan di
lingkup program studi keahlian. Untuk itu perlu dialokasikan porsi topik/materi
fisika dalam mata pelajaran dasar kejuruan di tiap program studi keahlian
Contoh:
a. Di
program studi Teknik Bangunan, mekanika, salah satu topik/materi fisika
dibutuhkan secara lebih dalam oleh program studi teknik bangunan, dialokasikan
dalam mata pelajaran mekanika teknik.
b. Termodinamika
merupakan topik/materi fisika yang penting untuk lebih didalami di kelompok
program studi keahlian teknik otomotif. Oleh karena itu disarankan ada alokasi
pembelajaran topik/materi termodinamika secara lebih mendalam dalam mata
pelajaran kelompok dasar kejuruan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar